Mengenal Pengertian Robot.txt Beserta Fungsi-fungsinya

Di zaman modern ini, sudah tidak jarang masyarakat menggunakan website atau blog untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada yang mencari informasi, menulis artikel, berjualan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di balik manfaatnya itu, tentu ada komponen-komponen penting yang digunakan oleh developernya, seperti robot.txt.

Komponen itu mungkin tidak semuanya pernah mendengarnya, terutama orang-orang awam yang bukan sebagai developer pembuat website atau blog. Buat kamu yang belum mengerti apa itu robot.txt, secara garis besar komponen itu merupakan fole-file penting yang ada di halaman semua website.

File robot.txt nanti akan memilah-milah website-nya di search engine atau mesin pencarian. Kamu yang tidak mau memperlihatkan mau pun yang mau menampilkan halaman beserta file-file-nya, bisa menggunakan komponen robot.txt.

Lebih lengkapnya, robot.txt merupakan file yang dimasukan ke dalam coding website atau blog agar robot yang ada di mesin penelusuran tidak bisa mengakses sebagian atau pun keseluruhan situsnya. Tidak jarang komponen pada website itu dipakai untuk memberi pengontrolan pada halaman-halaman tertentu yang tentunya agar tidak gampang di index, sehingga halaman yang terpasangnya tidak tampil di hasil pencarian.

Penggunaan robot.txt pertama kali digunakan pada tahun 1994 dan ditemukan oleh Martijn Koster ketika ia masih bekerja di WebCrawler. Martijn membuat sebagian kecil perintah di dalam file itu yang memungkinkan penggunanya mengakses ke suatu website berdasarkan bagiannya atau pun tergantung dari perangkat apa yang digunakan, entah itu smartphone, tablet, atau PC mau pun laptop.

Baca juga : Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membeli Tas Laptop Eiger

Sebenarnya file robot.txt sangat berguna sekali bagi situs-situs karena bisa semakin memaksimalkan halaman-halamannya. Hanya saja, kamu yang mau menggunakannya harus tahu dulu cara memakainya karena salah menerapkannya, web kamu tidak akan optimal, bahkan bisa terjadi error.

Seperti yang sudah sempat di bahas sebelumnya, komponen tambahan itu bisa dipakai di website atau halaman blog. Cara menggunakannya berbeda satu sama lain karena kamu memerlukan coding-coding sesuai dengan kebutuhan kamu.

Buat kamu pengguna wordpress, cara menerapkannya kamu harus membuatnya sendiri sebuah file yang nanti wajib kamu simpan dengan nama robots.txt, lalu upload ke file root website kamu. Sedangkan untuk pengguna blogger, kamu tidak usah membuatnya atau menguploadnya sendiri karena sudah tersedia fitur khusus membuat file-nya di dalam blogspotnya langsung.

Fungsi robot.txt sebenarnya secara garis besar sudah dijelaskan. Mereka dipakai untuk mengontrol robot-robot yang ada di mesin pencarian dan melakukan pemilihan pada halaman website. Secara detailnya, bisa kamu lihat fungsi-fungsinya di bawah ini.

  1. Mampu membatasi robot bot pada web.
  1. Mengontrol semua kegiatan robot bot sesuai dengan kebutuhan.
  1. Jika diinginkan, halaman konten pada web bisa diblokir.
  1. Mengontrol search engine atau mesin penelusuran.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tidak bingung lagi dengan arti robot.txt dan fungsinya, kan? Kalau masih belum paham, bisa mencarinya sendiri di website karena ada banyak tutorialnya atau bisa bertanya langsung ke orang yang benar-benar mengerti.

Sharing is caring!

Artikel Berkaitan